Perawatan Fertilitas

Kemajuan pengobatan di bidang fertilitas, telah memberikan pilihan bagi pasangan suami istri untuk memilih program kesuburan yang cocok dengan kemampuan dan kesiapan mereka. Yaitu:

  1. Intra Uterine Insemination (IUI)

Adalah suatu Teknik Reproduksi Dibantu, di mana laboratorium andrologi berperan membantu ‘menyiapkan’ sel-sel sperma berkualitas terbaik untuk disemprotkan ke dalam rahim guna mencapai kehamilan. Prosedur ini dilaksanakan pada hari ovulasi pada wanita diperhitungkan terjadi.

  1. Bayi Tabung atau In Vitro Fertilization

Adalah sebuah teknik Reproduksi Dibantu dengan cara mengawinkan sperma dalam jumlah tertentu dengan sel telur, diletakkan dalam sebuah cawan berisi medium tertentu, yang keseluruhan prosesnya dilakukan di luar tubuh manusia.

Perkawinan dan pengkondisian antara sel sperma dengan sel telur dilakukan menggunakan media kultur dan dilaksanakan di Laboratorium Embryology.

Teknik Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI) dilakukan bila hasil analisa sperma menunjukkan kualitas dan jumlah sperma sangat minim. Untuk terjadinya konsepsi, atau perkawinan, yaitu bantuan manusia dibutuhkan pada kasus ini, yaitu dengan cara menyuntikkan satu sel sperma ke dalam satu sel telur.

Inkubasi dilaksanakan selama beberapa hari untuk memantau terjadinya pembuahan normal hingga membentuk embryo yang kemudian disemprotkan ke dalam rahim, 2 atu 3 hari setelah prosedur pengambilan sel telur dilakukan.

  1. Induction Ovulation

Adalah salah satu program reproduksi dibantu, dimana obat-obatan penyubur dipergunakan untuk untuk memicu pertumbuhan sel telur, hingga mencapai ukuran normal tertentu, agar menjadi matang dan siap untuk dibuahi sperma. Pada program ini, kondisi pria dikategorikan normal dimana hasil analisa sperma menunjukkan kondisi sel sperma normal dalam jumlah, bentuk, dan pergerakkannya.

  1. Tracking Cycle

Adalah pola perhitungan masa ovulasi atau masa subur, berdasarkan rata-rata siklus haid pada pasien wanita.

  1. Freezing - Thawing Sperm dan Embryo

Sperma dan embrio berkualitas terbaik disimpan dalam suhu -196 C dan kemudian dicairkan pada saat rencana kehamilan selanjutnya dilakukan.

  1. MESA, PESA, TESA & TESE

Adalah sebuah teknik pembedahan minor pengumpulan sel sperma untuk pasien pria yang memiliki jumlah sperma sangat minim atau nol sama sekali.

  1. Laparoscopy Surgery

Pembedahan minimal invasive yang dilakukan untuk mengatasi masalah pada organ reproduksi wanita.